Senin, 29 Desember 2008

Wikipedia Luncurkan Situs Versi Mobile

Situs ensiklopedia paling popular, Wikipedia akhirnya bisa diakses di ponsel. Situs mobile resminya bisa diakses di mobile.wikipedia.com. Tampilan yang ada pada mobile sitenya dibuat lebih sederhana. Memungkinkan situs ini dapat diakses jaringan selular dengan cepat.Kalau di layar komputer kita bisa melihat setiap sub judul secara menuun, jangan harap kita dapat melihat tampilan seperti itu pada mobile sitenya. Setiap sub judul ditampilkan di halaman terpisah. Meskipun dapa berjalan dengan cepat, namun untuk mencari apa yang dituju terbilang lama.

Fitur lain yang ada pada mobile sitenya adalah Spoken Wikipedia. Namun fitur ini beum dapat digunakan. Nantinya, jika sudah bisa berjalan, fitur ini mampu membuat kita mendengarkan isi dari artikel yang diakses. Pada situsnya sendiri sudah tersedia 800 artikel yang bisa didengar.

Sehari setelah merilis situs mobile, Wikipedia juga meluncurkan aplikasi Wikipedia Mobile. Aplikasi ini dibuat khusus iPhone. Pengguna iPhone kini bisa dengan mudah mencari info melalui Wikipedia. Aplikasi ini sudah mendukung 28 bahasa asing serta 15 macam bahasa lokal. Format artikel yang ditampilkan pada aplikasi ini termasuk judul serta tabel yang bisa diperbesar untuk menampilkan teks. Untuk menghemat biaya koneksi internet, pengguna iPhone bisa menyimpan halaman web yang diakses, kemudian membacanya lagi saat offline. Foto beserta caption juga jadi salah satu fitur yan tersedia pada aplikasi ini.(selular.co.id)
blog comments powered by Disqus

Popular Post

 
Enriko Damas is proudly powered by Blogger.com