Sabtu, 27 Desember 2008

Istilah 'Netbook' Tidak Boleh Dipakai


Netbook alias notebook mungil saat ini sedang naik daun. Namun istilah netbook kini digugat oleh sebuah perusahaan bernama Psion Teklogix. Beberapa tahun lalu, perusahaan ini memang memproduksi sebuah produk gagal yang disebut netBook.

Oleh Psion, para pemilik situs Web yang menulis tentang netbook dikirimi surat agar berhenti menggunakan istilah netbook. Dalam suratnya, Psion mengklaim merek dagang nama tersebut untuk wilayah AS, Uni Eropa, Canada, Singapura, dan Hongkong. Sesungguhnya, sudah beberapa tahun ini Psion tidak lagi memproduksi netBook, tetapi membuat asesoris.

netBook ‘asli’ besutan Psion memang mirip netbook masa kini, lengkap dengan keyboard QWERTY dan layar buka tutup. Namun netBook tidak menjalankan Windows 98, apalagi XP atau Vista. Perangkat itu dijalankan oleh Windows CE atau versi Symbian OS yang dibuat oleh Psion dan belakangan diturunkan ke ponsel.

Pertanyaannya, apakah surat-surat itu akan membuat istilah netbook tidak lagi dipakai? Hmm, kelihatannya tidak. Namun bisa saja muncul istilah baru untuk notebook mungil. (kompas)
blog comments powered by Disqus

Popular Post

 
Enriko Damas is proudly powered by Blogger.com