Minggu, 28 Desember 2008

Nokia N85

Konsep ponsel N-Gage dengan handset seperti konsol game sudah ditinggalkan. Platform interaktif dan update lewat koneksi internet menjadi konsep baru N-Gage seperti di Nokia N85.

Masih ingat dua seri ponsel Nokia N-Gage? Ya. Dulu Nokia membuat segmen ponsel game dengan konsep dan desain seperti konsol game. Desainnya memudahkan kita bermain game, tapi kurang ergonomis ketika digunakan untuk menelepon.

Konsep itu ditinggalkan dan N-Gage lebih menekankan pada kemutakhiran software game, beserta pernak-pernik yang lebih interaktif. Ikon N-Gage yang tertanam di N85 hanya berupa link untuk masuk ke portal game. Kita diajak untuk menjadi anggota dan dapat bermain game secara individu (solo), multiplayer atau arena dengan gamers dari seantero dunia. Karena platform N-Gage berbasis aplikasi, ini memungkinkan lebih banyak ponsel Nokia yang dapat mengadopsinya.

Selain konsep N-Gage terbaru yang ditawarkan, N85 sebenarnya memiliki kemampuan multimedia terkini, seperti pemutar musik, Radio FM, FM transmitter, video, kamera 5MP, Nokia Web browser, AGPS dan Nokia Map. Bahkan, meski lebih menekankan pada fitur entertainment, masih ada bonus aplikasi kantoran seperti QuickOffice, PDF reader dan Zip. Berikut uraian lebih lanjut hasil uji coba tim SELULAR pada fitur N85 :

PLATFORM N-GAGE
Ada lima menu dalam portal game ini. Yaitu home, my games, my profile, my friends dan showroom. Dengan platform ini, gamers sejati dapat menikmati info game terbaru. Lihat saja di menu showroom, di situ kita langsung disuguhi info game of the week, beserta review game tersebut oleh member lainnya. Game yang disajikan di sini semuanya gratis didownload untuk versi trial. Bila tertarik, kita harus merogoh kocek antara 5-10 dolar AS.
Pengujian: registrasi dan mendownload Golf Pro Series (trial)
Nilai: 4,5
Catatan: Game yang ditawarkan rata-rata memiliki tampilan 3D yang apik.

KAMERA
Dengan kualitas 5MPix, rasanya sudah lebih dari memadai untuk kebutuhan fotografer amatir. Lensa dan optik yang digunakan menggandeng nama beken seperti Carl Zeiss dan Tessar ™ untuk menghasilkan foto dan video yang optimal. Flash light untuk membantu memotret dalam kondisi minim cahaya telah disertakan, dengan jarak penerangan hingga 3 meter. Untuk rekam video resolusi maksimum adalah VGA (640x480) dengan format MP4 atau 3gp. Front camera dapat digunakan untuk video call berkualitas VGA.
Pengujian: memotret di malam hari dengan flash light
Nilai: 3.5
Catatan: bila merekam video dengan resolusi maksimum akan banyak mengambil ruang memori, saat diuji merekam video berdurasi 19 detik membutuhkan ruang memori 9 MB.

MUSIK PLAYER
Tampak depan, tak terlihat shorcut khusus untuk masuk ke menu musik. Tapi bukan Nokia bila tidak memberikan kejutan bagi pengguna yang haus hiburan musik Jika kita geser slider ke arah bawah, barulah terlihat menu khusus pemutar musik dan layar otomatis berorientasi horisontal. Kualitas dual stereo speaker cukup yahud, karena letaknya di sisi ponsel, sehingga tak ada hambatan untuk aliran suara yang keluar.
Pengujian: memutar beberapa lagu yang ada di memori card
Nilai: 4
Catatan: interface pemutar musik menarik dan informatif dan dapat menampilkan cover album lagu yang dimainkan.

GPS dan NOKIA MAPS
Fitur GPS yang dibawa telah menggabungkan teknologi selular, yaitu AGPS (assist GPS). Sehingga data satelit dapat menunjukkan lokasi keberadaan kita dengan akurasi tinggi. Nokia Map dari Tele Atlas dapat menampilkan terjemahan kordinat satelit ke dalam peta digital yang dapat dilihat zoom in dan zoom out dengan tombol * dan #. Bila diperlukan lokasi yang sering kita kunjungi bisa dimasukkan dalam favourites untuk memudahkan routing.
Pengujian: membuat routing lokasi rumah dan kantor.
Nilai: 4
Catatan: fitur assist GPS memerlukan akses internet, baik lewat GPRS atau WiFi.

LOCATION TAGGING
Perpaduan fitur kamera dan GPS yang unik. Lokasi pemotretan dapat terekam kordinat satelitnya dalam metadata EXIF file foto. Sehingga foto yang dihasilkan dapat diketahui dalam peta letaknya dalam Nokia Maps secara akurat. Untuk mengaktifkannya masuk ke menu camera>options>record location>on. Tunggu beberapa saat sampai lambang antena tidak ada tanda “x”. Bila tanda “x” sudah hilang berarti sinyal satelit sudah terdeteksi dan siap terekam kordinatnya.
Pengujian: Memotret perumahan di lokasi jalan-jalan kecil wilayah selatan Jakarta
Nilai: 4
Catatan: Hasil foto bisa langsung dilihat pada Nokia Maps. Caranya masuk ke menu>photos> pilih gambar yang ada lambang antenna>option>show on map.

INTERNET
Nokia Web browser punya keunikan yang disebut minimap. Sehingga dengan fitur itu saat menggeser halaman web dapat dilihat posisi dari versi full pagenya. Aktivitas berinternet lebih mudah mau chatting, update Facebook, upload Youtube dan Flickr, OVI, MOSH dan lain-lain sudah disediakan shorcutnya. Untuk kecepatan? Dari spesifikasinya Nokia N85 mendukung HSDPA hingga 3,6 Mbps. Tapi itu tergantung dari koneksi layanan data operator yang digunakan.
Pengujian: membuka situs Youtube lewat koneksi WiFi hotspot di kantor redaksi Selular
Nilai: 4
Catatan: Dapat melakukan browsing dengan format layar horisontal

KONEKTIVITAS
N85 memiliki ragam konektivitas yang multiguna. Kabel data micro USB 2.0 dapat digunakan untuk keperluan sinkronisasi dan transfer file. Koneksi bluetooth versi 2.0 memiliki sederet profile, seperti transfer file dan A2DP. Ketika bermain game di ponsel ini agar gambar terlihat lebih besar, ada konektor TV-Out. Selain itu masih ada konektivitas nirkabel atau WiFi dengan standar 802.11b/g untuk berinternet.
Pengujian: Menguji transfer data lewat bluetooth dan kabel micro USB
Nilai: 4
Catatan: Konektivitas infrared sudah ditinggalkan di ponsel ini.

Kinerja
Ponsel ini dapat digunakan multitasking, alias dapat membuka atau menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Ketika diuji memutar musik, browsing dan satu aplikasi lainnya masih berjalan baik. Musik yang diputar tidak terganggu. (selular.co.id)
blog comments powered by Disqus

Popular Post

 
Enriko Damas is proudly powered by Blogger.com