Minggu, 28 Desember 2008

Nokia N79

Berbagi Foto dan Video

Generasi N-Series ini punya kehandalan untuk fotografi. Layarnya dapat disetting otomatis berorientasi landscape atau horizontal berkat sensor turning control.

Desain bar Nokia N79 memiliki dua wajah. Tampak depan seperti ponsel pada umumnya, sedangkan tampak belakang seperti kamera digital. Bagian lensa terlindung oleh cover lens yang juga berfungsi untuk mengaktifkan kamera. Kamera ini dilengkapi dengan dua buah flash light yang cukup menyilaukan mata jika memotret jarak dekat.

Namun seperti kamera digital pada umumnya, untuk menghasilkan foto yang berkualitas harus didukung oleh kondisi pencahayaan di lokasi pemotretan. Meski sudah didukung oleh flash light ganda, pada pemotretan malam hari jangan berharap akan menghasilkan gambar yang maksimal. Sebaliknya pada siang hari, pada kondisi cuaca cerah tak perlu setting yang rumit pada fitur kamera, akan mendapat hasil foto yang memuaskan.

Yang cukup menarik adalah dukungan link share online untuk mengupload foto dan video pada situs Flickr, Ovi dan Vox. Untuk koneksi internetnya kita dapat memanfaatkan jalur 3G/GPRS operator dan koneksi WiFi. Berikut hasil uji tim Selular mengupload foto dan video serta dukungan fitur multimedia lainnya.

SHARE ONLINE
Tak perlu repot masuk ke menu lebih dalam di ponsel ini, pada layar utama fitur Share Online sudah tampak. Yang dibutuhkan hanyalah hasil foto ciamik dan koneksi internet yang memadai, serta account di Flickr, OVI atau Vox. Setelah itu kita bisa berbagi foto dan video kenangan indah, lucu dan momen seru lainnya dengan semua orang.
Pengujian: mengupload foto lewat situs berbagi foto dan video Flickr.
Nilai: 4
Catatan: bisa melakukan posting comment di foto yang sudah diupload

KAMERA
Saat ini kamera ponsel berkualitas 5 Mpix cukup populer di pasaran. Tapi kamera yang menancap di Nokia N79 dirancang sedemikian rupa untuk memudahkan pemakaian. Terlebih ada nama kondang Carl Zeiss dan TessarTM sebagai penyedia lensa dan optik fotografi. Selain itu, sejumlah fitur fotografi tersedia untuk untuk memaksimalkan hasil foto.
Pengujian: memotret siang hari dengan cuaca yang cerah, memotret malam hari dengan flash light
Nilai: 3,4
Catatan: Pencahayaan yang baik sangat berpengaruh pada hasil foto. Siang hari, di lokasi outdoor dan cuaca cerah akan menghasilkan foto yang boleh dibilang istimewa.

HIBURAN
Kualitas suara yang keluar dari dual speaker stereo saat memutar lagu-lagu MP3 dan Radio FM cukup memuaskan. Tak ada halangan keluarnya aliran suara, karena kedua speakernya terletak di samping. Ada fitur unik bagi broadcaster amatir, yaitu fitur FM transmitter. Kita bisa menyusun lagu-lagu favorit di music player dan menyiarkannya pada rentang frekuensi 88.1 - 108 MHz.
Pengujian: Mencoba fitur FM Transmitter dan menangkapnya dengan ponsel berfitur FM radio.
Nilai: 3,4
Catatan: direktori stasiun FM radio bisa dicari otomatis frekuensi dan nama stasiun radionya

GPS dan NOKIA MAPS
Akan sangat membantu dalam perjalanan jika memanfaatkan fitur GPS dan Nokia Maps yang ada di ponsel Nokia N79. Karena ponsel mungil ini dapat diandalkan sebagai pemandu jalan berkat kepintarannya mengkombinasikan kordinat satelit dan peta digital dari Tele Atlas. Ada dua pilihan mode berjalan kaki (walk) dan berkendaraan (drive) untuk mencapai tujuan.
Pengujian: membuat routing dua alamat favourites di Jakarta
Nilai: 4
Catatan: fitur assist GPS memerlukan akses internet, baik lewat GPRS atau WiFi.

LOCATION TAGGING
Location Tagging adalah kombinasi fitur kamera dan GPS. Pada saat memotret/rekam video pada ruang outdoor, kita dapat merekam kordinat satelit posisi kita berada dalam file EXIF di foto/video tersebut. Jadi pada lain kesempatan, waktu dan lokasi berbeda kita dapat menunjukkan kepada orang lain lokasi dimana hasil foto tersebut pada peta digital.
Pengujian: merekam video di Tanjung Lesung Banten dengan mengaktifkan fitur location tagging.
Nilai: 4
Catatan: Hasil foto bisa langsung dilihat pada Nokia Maps. Caranya masuk ke menu>photos> pilih gambar yang ada lambang antenna>option>show on map.

INTERNET
Browsing internet di mana saja kapan saja dapat dilakukan dengan ponsel ini, asalkan di lokasi kita berada masih mendapat sinyal HSDPA/3G/GPRS dan hotspot WiFi. Nokia Web browser yang terpasang mampu membaca halaman web berbahasa HTML, XHTML, dan WML serta mendukung protocol HTTP dan WAP.
Pengujian: membuka halaman website Yahoo! dan www.selular.co.id
Nilai: 3,7
Catatan: kecepatan membuka halaman website tergantung dari koneksi internet operator maupun hotspot WiFi.

KONEKTIVITAS
Beberapa konektivitas umum yang ada pada ponsel high end seperti WLAN/WiFi standar 802.11b/g, bluetooth dan kabel high speed micro USB sudah lengkap ada di sini. Disiapkan pula konektifitas generasi baru seperti DLNA (digital living network alliance) dan UpnP. Untuk melihat hasil foto dan rekaman video hasil kamera di layar TV dapat menggunakan fasilitas kabel TVOut CA75U yang mendukung TV format PAL dan NTSC.
Pengujian: browsing dan download game lewat WiFi
Nilai: 3,5
Catatan: Menurut data vendor kabel TVOut CA75U dijual terpisah.

Kinerja
Nokia N79 dapat bekerja multitasking. Namun pada unit yang diuji ini adalah tipe prototype, dan kadang kala saat melakukan multitasking sedikit lambat. Layar 16 juta warna maksimal menampilkan hasil foto. Browsing internet dan memutar lagu-lagu dapat dilakukan bersamaan.

Hasil Test Audio
Musik: 100.6 dB
Ringtone: 98.5 dB
Human Voice: 83.4 dB

Kinerja Baterai
Kapasitas baterai yang dipakai sebenarnya lumayan besar yaitu 1200mAh. Namun bila digunakan fitur multimedia secara terus menerus tak akan bertahan dua hari. Saat diuji memutar musik selama 12 jam, baterai tersisa 1 bar dari full charge. Padahal vendornya mengklaim dapat memutar musik hingga 29 jam. (selular.co.id)
blog comments powered by Disqus

Popular Post

 
Enriko Damas is proudly powered by Blogger.com