Minggu, 28 Desember 2008

Tutorial Visual Basic Script

Apa itu Visual Basic Script?

Microsoft Visual Basic Script atau yang biasa disebut dengan VBScript, merupakan bahasa pemrograman dari keluarga Visual Basic yang membawa skrip pada lingkungan yang luas, mencakup Web client scripting pada browser Internet Explorer dan Web server scripting pada Microsoft Information Server.

Pemrograman Visual Basic Scripting merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft Corp., bersama dengan program-program yang berbasis web lainnya seperti Active Server Pages (ASP). Dan merupakan varian dari keluarga besar Microsoft Visual Basic yang dibuat berdasarkan kemampuannya dalam mengolah perhitungan-perhitungan, validasi sebuah data, animasi, dan sederet kemampuan yang dimiliki oleh VBScript, yang pengolahan dan kinerjanya dilakukan di dalam jendela browser. VBScript menggunakan sintak program atau alur program yang sama dengan Visual Basic. Hanya saja di dalam Visual Basic memiliki lingkungan desain kerja (Desain-Time Environment) dan bersifat sebagai compiler, sedangkan VBScript tidak memiliki lingkungan kerja sendiri dan hanya dapat disisipkan pada struktur HTML (HyperText Markup Language) dan bersifat sebagai interpreter yang artinya hanya dapat dilihat dan dijalankan hasilnya lewat jendela browser seperti yang Microsoft Internet Explorer.

Secara garis besar dapat dikatakan bahwa pemrograman VBScript termasuk dalam kategori teknologi Internet dan sering dikatakan pemrograman web. Sedangkan Pemrograman Web itu sendiri tergolong atas dua kategori teknologi, yaitu Pemrograman Web berbasis Server atau Server Side, dan Pemrograman Web berbasis Client atau Client Side.

Untuk lebih jelasnya lagi Anda dapat mendownloadnya dari link berikut ini:
- Cover

- Pendahuluan

- VBScript pada HTML Page

- Tipe Data VBScript

- Variabel VBScript

- Konstanta VBScript

- Operator VBScript

- Pernyataan Bersyarat VBScript

- Kode Perulangan VBScript

- Prosedur VBScript

- Konvensi Penulisan Kode VBScript

- Biografi Penulis


sumber : wss-id.org

blog comments powered by Disqus

Popular Post

 
Enriko Damas is proudly powered by Blogger.com