Selasa, 13 Januari 2009

Sony Ericsson Xperia X1

Panel Baru Platform WM 6.1

Lini baru ponsel premium baru Sony Ericsson dikenalkan lewat seri Xperia. Pemakaian Windows Mobile 6.1 adalah yang pertama di antara seluruh jajaran ponsel Sony Ericsson.

Setelah berkutat dengan sistem operasi Symbian UIQ untuk ponsel cerdas, kini Sony Ericsson melangkah sedikit berbeda. Vendor ini baru saja merilis seri baru Xperia X1 dengan sistem operasi buatan Microsoft, Windows Mobile 6.1. Gampang ditebak, dengan bekal itu, ponsel ini bisa dipastikan punya segudang fitur mutakhir. Fitur seperti HSDPA, bluetooth, kamera built-in, music player, Wi-Fi, hingga A-GPS melengkapi ponsel dengan desain Arc Slider ini.

Selain sarat fitur, sentuhan desain dan pemilihan material metal mutu tinggi di seri ini tampak serius diperhatikan. Lekuk-lekuk badan ponsel, tuts keyboard yang didesain menonjol dari permukaan, dan paduan warna yang pas membuatnya terlihat berkelas namun tetap ergonomis. Paduan desain oke dan fitur mumpuni itu yang rasanya memposisikan ponsel ini di kelas premium dengan harga di atas 8 juta-an –saat awal peluncuran-. Mengenai fitur yang ada di Xperia, berikut pengujian tim SELULAR :

KEYPAD
Navigasi Xperia termasuk komplet. Ada layar sentuh responsif pada hentakan jari maupun pena stylus. Saat ponsel ditarik ke kanan, muncul keyboard QWERTY dengan penonjolan warna silver, kontras dengan warna ponsel. Tombol keyboard ini didesain demikian rupa sehingga membuat nyaman jari saat mengaksesnya. Keypad lain yang unik di seri ini adalah tombol ke panel langsung yang ada di bawah layar. Sekali tekan, menu di ponsel akan menyajikan panel yang ingin kita munculkan di halaman muka, seperti akses langsung ke Google Search dan Radio FM.
Pengujian : Eksplorasi keypad baik layar sentuh, keyboard maupun tombol panel
Nilai : 3,5
Catatan : Saat ponsel di geser ke kanan, otomatis orientasi layar berubah menjadi horisontal.

LAYAR
Tampilan yang juga menonjol dari seri ini adalah layar yang lebar. Layarnya yang berukuran 40 x 51 mm atau dengan ukuran diagonal 3 inchi memberi efek nyaman ketika di lihat. Tak hanya itu, dengan resolusi layar 800 x 480 pixels, membuat layar kelihatan lebih jernih, bening, dan tajam. Meski punya resolusi besar, Xperia X1 memakai teknologi TFT 65 ribu warna yang notabene bukan yang paling canggih saat ini.
Pengujian : Mengoperasikan beragam menu di dalam dan di luar ruangan
Nilai : 3,8
Catatan : Ukuran layar yang besar dan dikombinasikan dengan web browser mampu memuat lebih dari satu halaman situs dengan tingkat zoom minimal.

AUDIO
Penyuka hiburan musik bisa terhibur dengan fasilitas pemutar musik dan radio FM. Untuk pemutar musik tersedia fitur default Windows Mobile Media Player untuk mendengar musik favorit. X1 menyediakan lubang audio standar 3,5 mm sehingga memudahkan kita saat ingin menikmati musik atau mendengar siaran radio FM favorit menggunakan headset stereo sesuai keinginan. Suara dari pemutar musik atau radio FM terasa maksimal bila kita menggunakan headset dibanding speaker. Soalnya, speaker berada di sisi bawah yang kadang tertutup telapak tangan saat kita menggenggam ponsel tersebut.
Pengujian : Menyetel siaran radio dan mendengarkan musik lewat headset stereo dan speaker
Nilai : 3
Catatan : Menu getting started di menu utama membantu saat kita ingin mengatur bluetooth headset, transfer musik, atau mengeset ringtone yang diinginkan.

KAMERA
Sebagai ponsel premium, tak lengkap bila tak menghadirkan kamera built-in. Sony Ericsson membekali X1 dengan kamera 3,2 Mpix plus lampu kilat. Memang resolusi kamera dengan kualitas bukan yang tertinggi saat ini. Tapi dengan suguhan menu yang cukup komplet seperti mode macro hingga auto fokus membuatnya mampu memenuhi kebutuhan fasilitas fotografi. Kamera ini juga berfungsi sebagai perekam video dengan kecepatan 30 fps (frame per second).
Pengujian : Memotret di dalam dan di luar ruangan dengan resolusi maksimal
Nilai : 3
Catatan : Saat gambar ditransfer ke komputer hasilnya termasuk baik untuk pemotretan di luar ruangan (outdoor)

INTERNET
Fitur ini termasuk yang paling diunggulkan di seri ini. Dengan bekal akses yang bervariasi –bisa via HSDPA 7,2 Mbps atau Wi-Fi 802.11 b/g- mampu mendapatkan akses internet turbo. Dukungan ke layanan internet ini bertambah berkat tersedianya Opera browser 9.5 – di luar IE Mobile- dan mampu menghadirkan standar full HTML sehingga tampilan situs di ponsel persis seperti yang terlihat di komputer.
Pengujian : Selancar ke berbagai situs internet menggunakan Opera browser via operator HSDPA dan Wi-Fi.
Nilai : 3,4
Catatan : Untuk mengatur koneksi apakah lewat Wi-Fi atau HSDPA, tersedia Comm Manager yang gampang pengaturannya.

KONEKTIVITAS
Jalur koneksi ke peranti digital lain terakomodasi lewat bluetooth dan USB. USB biasa digunakan untuk sinkronisasi dengan komputer lewat ActiveSync. Sementara bluetooth bisa difungsikan saat akan mengirim atau menerima berkas dari atau ke ponsel lain. Bluetooth juga bisa difungsikan sebagai jalur ponsel ini saat sebagai modem menggunakan fitur internet sharing.
Pengujian : Mengirim berkas video format 3gpp berukuran 3 Mb-an dari komputer ke ponsel. Pengiriman berhasil dalam waktu 56 detik
Nilai : 3,2
Catatan : Saat melakukan sinkronisasi ke komputer, otomatis baterai terisi (charging)

OFFICE
Sejumlah fasilitas perkantoran khas Microsoft dilekatkan ke seri ini. Mau dokumen format Word atau Pdf semua bisa dibaca di seri ini. Selain itu, untuk Word kita bisa melakukan editing. Begitu pula untuk format Excel dan Powerpoint, kita bisa melakukan editing juga. Dukungan layar yang lebar dan keyboard QWERTY membuat kita leluasa mengeksplorasi berkas dengan format perkantoran itu.
Pengujian : Mengedit berkas dalam bentuk excel
Nilai : 4
Catatan : -

MEMORI
Xperia X1 menggunakan prosessor Qualcomm MSM7200 528 MHz dengan memori internal cukup besar yakni 400 Mb. Dukungan ini masih ditambah dengan RAM 256 Mb dan 512 Mb storage memory. Yang unik, seri ini mengadopsi kartu memori jenis micro SD dan bukannya Memory Stick Micro yang menjadi ciri khas dari ponsel-ponsel Sony Ericsson.
Pengujian : Mengeksplorasi file manager untuk melihat manajemen memori(selular.co.id)
blog comments powered by Disqus

Popular Post

 
Enriko Damas is proudly powered by Blogger.com