Jumat, 30 Januari 2009

Nokia 7100 Supernova

Cantik Tampangnya, Standar Fiturnya

Merupakan salah satu anggota keluarga ponsel fashion Nokia. Mengusung nama yang sama dengan pendahulunya, namun yang satu ini kelasnya satu level di bawah pendahulunya.

Nokia memang jago kalau sudah berurusan dengan ponsel stylish. Paling tidak, Nokia seperti tidak pernah kehabisan ide untuk menelurkan ponsel-ponsel yang mengedepankan faktor gaya ini. Lihat saja seri stylish terbaru ini, seri 7100 yang (juga) digelari Supernova. Tampangnya betul-betul cantik. Ya, cantik. Karena kental sekali aksen feminin pada ponsel ini. Mulai dari paduan warna, hingga hiasan theme dan wallpaper yang menyertainya.

Itu dikombinasikan dengan bentuknya yang berupa slider casual, namun memakai material pilihan. Paling tidak, finishingnya benar-benar diperhatikan, sehingga bisa memunculkan kesan mewah dan gaya. Soal desain dan tampilan, Supernova ini membuktikan diri sebagai ponsel stylish. Namun soal kemampuan dan kelengkapan fitur, Supernova terbilang biasa-biasa saja.

Memang ada fitur pemutar musik, koneksi internet, kamera, yang menjadi ciri khas ponsel multimedia. Tetapi soal kinerja dan kelengkapan fasilitas pendukung fitur-fitur tersebut, cuma standar saja. Bisa dimaklumi, toh ponsel ini tidak memposisikan diri sebagai ponsel multimedia jempolan, tetapi ponsel stylish yang cantik.

DESAIN
Aspek desain ponsel ini mendekati sempurna. Tampilannya keren, rancangannya bagus. Nyaman digenggam dan enak dioperasikan. Tak banyak pernak-pernik tombol di sekujur badan ponsel, membuatnya tambah elegan. Padahal, material body bukanlah bahan yang istimewa.
Pengujian: Menggenggam, buka tutup slider
Nilai: 3,7
Catatan: Tersedia tiga pilihan warna casing

KEYPAD
Resiko ponsel slider adalah tak memberi ruang cukup untuk penempatan keypad. Itu juga terjadi di ponsel ini. Tombol keypad memang berukuran besar dan nyaman digunakan. Tetapi letaknya agak berdesakan di folder bawah. Ini agak mengurangi kenyaman menekan tombol, khususnya bila dilakukan dengan satu tangan.
Pengujian: Menulis pesan pendek dan eksplorasi menu.
Nilai: 3
Catatan: Tombol navigasinya benar-benar nyaman.

KAMERA
Memang tak bisa mengharapkan hasil foto yang tajam sempurna dengan kamera berkapasitas 1,3 Mpix. Tetapi untuk sekadar mendokumentasikan berbagai momen sudah cukup memadai. Kamera juga bisa dipakai rekam video, meski hasilnya agak kurang memuaskan.
Pengujian: Memotret obyek di siang hari dan rekam video
Nilai: 2,7
Catatan: Tak ada flash, sementara night mode terlalu sensitif.

MUSIK
Pemutar musiknya mampu memainkan file MP3, Midi, AAC, WAV dan AMR. Kualitas suara tidak istimewa, dan juga tidak ditunjang fasilitas penyeimbang nada (equalizer). Tapi fasilitas radio FM-nya cukup bagus, dengan kemampuan menyimpan banyak frekuensi stasiun radio.
Pengujian: Memutar lagu berformat MP3 dan menyalakan radio FM
Nilai: 2,8
Catatan: Tak memungkinkan menyimpan banyak file MP3 karena memori terbatas

MEMORI
Ini menjadi salah satu titik lemah Supernova. Ponsel ini cuma punya memori internal yang bisa digunakan sebesar 4 MB saja, dan tak ada slot untuk memori eksternal. Ini membuatnya tak bisa menyimpan file MP3, terbatas dalam menyimpan file video dan foto.
Penilaian: Penyimpanan file MP3
Nilai: 2
Catatan: Keterbatasan memori ini membuat fungsi MP3 player sangat minim

MESSAGING
Memiliki kemampuan banyak jenis messaging. Mulai dari pesan teks hingga email. Nokia menambahkan audio messaging di sini. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengirim pesan suara. Sementara email, didukung banyak protokol (IMAP, TCP, POP3, SMTP).
Penilaian: Mengirim SMS, email dan audio messaging
Nilai: 3,4
Catatan: Pesan teks bisa ditulis hingga 1000 karakter

ORGANISER
Ponsel ini memiliki banyak fungsi di organisernya. Salah satu yang menarik adalah dictionary, yang bisa langsung menerjemahkan kata dari satu bahasa ke bahasa lain. Contohnya, dari bahasa Inggris ke bahasa Cina. Sayangnya, belum ada kamus untuk bahasa Indonesia. Unit converternya juga lengkap, dan sangat membantu untuk mengetahui konversi dari macam-macam ukuran.
Pengujian: Mencoba fungsi kamus, converter dan fungsi organiser lain.
Nilai: 3,2
Catatan:

Kinerja
Fungsi-fungsi dasar yang dibenamkan dalam ponsel ini berjalan memuaskan, seperti fungsi voice call dan pesan teks singkat. Namun fungsi multimedianya terhitung standar saja. Terkecuali fungsi radio FM, yang lumayan memuaskan. Selain mampu menangkap banyak stasiun radio, juga dilengkapi dengan fungsi recordingnya.

SKOR AKHIR: 2,9

Kinerja Baterai
Klaim dari pabrik menyebutkan, baterainya mampu bertahan untuk siaga selama 15 hari, serta mampu mendukung percakapan selama 3,5 jam. Juga diklaim mampu memainkan playback musik (saja) selama 12 jam. Dalam pengujian, tampaknya kekuatan baterai mendekati klaim vendor.

selular.co.id
blog comments powered by Disqus

Popular Post

 
Enriko Damas is proudly powered by Blogger.com