Selasa, 13 Januari 2009

MAHKOTA MILIK RONALDO

Zurich, BOLASportsLine/fifa Usai dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Eropa. Cristiano Ronaldo kembali terpilih menjadi Pemain Terbaik Dunia 2008. Dalam acara FIFA Gala Football yang diadakan di Zurich, Swiss, Senin, (12/1). Ronaldo keluar sebagai yang terbaik setelah mengungguli Lionel Messi dan Fernando Torres.

Kegemilangan bintang asal Portugal itu bersama Manchester United musim lalu menjadi faktor utama terpilihnya ia sebagai pemain terbaik versi FIFA itu. Sepanjang musim lalu, Ronaldo tampil dominan dengan mencetak 42 gol di semua kompetisi. Ia juga berhasil mengantarkan Setan Merah merebut double winner yakni juara Premership dan Liga Champion.

Kesuksesan Ronni sekaligus merupakan prestasi pertama yang diterima pemain Liga Inggris dalam 18 tahun terakhir. Sebelumnya tropi pemain terbaik dunia itu selalu bergantian direbut oleh pesepekbola yang berkiprah di Liga Italia dan Spanyol.

"Impianku telah menjadi kenyataan. Saya sungguh senang bisa merebut tropi ini dan saya persembahkan gelar ini kepada keluargaku," ucap Ronni dalam sambutannya saat menerima tropi yang diserahkan legenda Brasil, Pele.

Dalam pemilihan yang melibatkan seluruh kapten dan pelatih tim nasional di dunia itu. Ronaldo mengoleksi poin tertinggi. Ronaldo mengumpulkan 935 poin kemudian diikuti oleh Lionel Messi (Barcelona/Argentina) dengan 678 poin serta bintang Liverpool dan timnas Spanyol Fernando Torres di peringkat ketiga dengan 203 poin.

Sementara itu Pemain Terbaik Dunia tahun lalu, Ricardo Kaka hanya mampu finis di tempat ketiga dengan total poin 183 kemudian diikuti Xavi Hernandez di dengan 155 poin dan Steven Gerrard di peringkat keenam dengan 98 poin.

Mahkota Pemain Terbaik Dunia ini semakin memperpanjang daftar tropi individu yang direbut gelandang berusia 23 tahun ini. Sebelumnya Ronaldo telah menerima Sepatu Emas, Ballon d'Or dan Pemain Terbaik versi Asosiasi Pesepakbola Profesional (FIFPro).

Hat-trick Marta
Pada kategori putri, bintang Brasil, Marta melanjutkan kesuksesannya. Marta mencetak hat-trik alias tiga kali berturut-turut terpilih sebagai Pemain Terbaik Dunia Wanita. Marta yang tahun lalu membawa tim sepakbola putri Brasil merebut medali perak Olimpiade itu mengoleksi 1.002 poin mengalahkan Birgit Prinz (328 poin) dan pemain Brasil lainnya, Cristiane (275 poin).

"Ini merupakan kelima kalinya saya meraih penghargaan ini. Setiap pemain yang merebut tropi ini pasti akan bahagia. Begitu juga saya. Emosiku tetap kuat untuk bermain," ucap Marta kepada fifa.com.

Untuk kategori tim Fair Play, Fifa memilih tim nasional Armenia dan Turki. FIFA juga memberikan penghargaan khusus kepada Federasi sepakbola Palestina atas dibukanya Stadium Al-Husseini dan sukses mengadakan pertandinagn internasional di West Bank.(bolanews.com)
blog comments powered by Disqus

Popular Post

 
Enriko Damas is proudly powered by Blogger.com