Selasa, 13 Januari 2009

LG KP500 Cookie

Si Cookie Sarat Hiburan

Ponsel layar sentuh LG KP500 punya fasilitas hiburan lengkap. Layar sentuh cukup sensitif ketika digunakan untuk mengakses semua fasilitas yang tersedia.

Ponsel dengan akses layar sentuh seringkali identik dengan harga yang cukup menguras kocek. Beda dengan ponsel layar sentuh milik LG, yakni LG KP500. Dengan akses layar sentuh, ponsel dengan julukan Coookie ini dibandrol dengan harga dibawah Rp. 3 juta. Fasilitas yang dibenamkan pada ponsel ini juga banyak yang menarik. Misalnya saja fasilitas game yang dibenamkan pada ponsel ini dimainkan dengan menggunakan sensor gerak. Fasilitas musik, kamera dan video juga bisa diandalkan untuk melengkapi hiburan.

Ponsel dengan desain candy bar ini hadir dengan ketebalan yang tergolong ramping, yakni 11,99 mm. Bobotnya pun tak terlalu berat, sehingga membuat nyaman penggunaannya. Bodi ponsel dibalut dengan bahan dove berwarna hitam dan merah. Penggunaan bahan dove membuat ponsel ini tidak cepat kotor terkena cap jari tangan. Hasil uji coba tim SELULAR dari beberapa fitur yang jadi andalan adalah sebagai berikut :

LAYAR
Mengingat untuk mengakses semua menu di ponsel menggunakan layar sentuh, maka LG KP500 dibekali dengan ukuran layar yang besar. Menu-menu pada layar disusun dalam bentuk ikonik-ikonik. Pengguna bisa memilih untuk menampilkan beberapa fasilitas yang paling sering dipakai saat layar dalam keadaan siaga. Saat diuji coba, tingkat kesensitifan layar reaksinya cukup memuaskan. Saat melihat file foto, cukup sapukan jari pada layar untuk berpindah file.
Pengujian : Menguji tingkat kesensitifan layar sentuh.
Nilai :3,6.
Catatan : Untuk membuka kunci layar, cukup sentuh ikon bergambar gembok di bagian bawah.

KAMERA
Kamera yang dibekalinya berkekuatan 3,2 MP dan tidak dilengkapi dengan lampu flash. Tombol akses langsung kamera ada di sisi kanan ponsel. Untuk mengcapture gambar, pengguna bisa menekan tombol tersebut atau menekan ikon pada layarnya. Pengaturan-pengaturan untuk memaksimalkan hasil kamera yang tersedia seperti white balance, effect, exposure dan night mode. Respon kamera ketika digunakan cukup baik. Hanya saja kamera tidak dibekali dengan fasilitas zoom, sehingga hanya bisa memotret dari jarak dekat.
Pengujian : Mengambil gambar di dalam pusat perbelanjaan.
Nilai : 3.
Catatan : Kamera bisa digunakan untuk rekam video, dan hasil video bisa diedit pada fitur Muvee Studio.

MUSIK
Musik menjadi salah satu fitur unggulan pada ponsel ini. Jika fasilitas ini sering Anda gunakan sebaiknya tampilkan ikon musik pada layar siaga. Untuk memaksimalkan suara, LG KP500 hanya menyediakan pengaturan equalizer. Musik bisa disetel secara multi tasking. Jadi beberapa fitur bisa dibuka saat sedang mendengarkan musik. Ada juga fitur radio FM yang dilengkapi dengan fungsi cari otomatis untuk hiburan.
Pengujian : Mendengarkan lagu Aku Ada milik Dewi Lestari.
Nilai : 3,1.
Catatan :Volume suara bisa diatur menggunakan tombol di sebelah kiri ponsel atau dengan menyentuh layar.

INTERNET
Fasilitas internet mengandalkan koneksi jaringan GPRS. Meski masih di jaringan GPRS, browsing-browsing web di internet dapat diandalkan. Tidak ada masalah saat diujicoba membuka homepage salah satu operator. Dengan sensor accelerometer, melihat halaman web bisa secara vertical maupun horizontal. Untuk membuat tulisan di halaman web terlihat jelas, pengguna bisa memanfaatkan fasilitas zoom.
Pengujian : mengakses halaman Selular online.
Nilai : 3.
Catatan : Waktu yang diperlukan untuk mengakses halaman Selular adalah 20 detik.

MEMORI
Memori internal yang tersedia untuk menampung file-file adalah 48 MB. Jika mau ditambahkan dengan memori eksternal, bisa menampung hingga 4 GB. Memasukkan kartu memori eksternal ke dalam ponsel cukup mudah, karena sudah mengadopsi sistem hotswap. Pengguna tak perlu lagi membuka tutup bagian belakang. Semua file yang disimpan ada pada folder Gallery.
Pengujian : Menyimpan file foto pada memori ponsel.
Nilai : 3.
Catatan : Tersedia pilihan untuk menyimpan file pada memori ponsel maupun eksternal.

GAMES
Ada hiburan menarik yang bisa Anda manfaatkan pada ponsel ini. Salah satunya adalah fasilitas game. Ada game yang dimainkan menggunakan sensor gerak, yakni Wheel Mania dan Flying Dice. Dalam game Flying Dice tersedia 3 pilihan game yang cukup seru, salah satunya permainan ular tangga. Untuk mengocok dadu, pengguna hanya menggerakan ponsel.
Pengujian : Memainkan game ular tangga.
Nilai : 4.
Catatan : Tidak perlu melakukan pengaturan untuk mengaktifkan sensor gerak

MESSAGING
Menulis pesan menggunakan jari tangan biasanya sulit dilakukan jika belum terbiasa. Untuk mengatasi masalah itu, LG sudah menyediakan stylus pen yang ada pada bagian bawah bodinya. Untuk memudahkan penulisan pesan, pengguna bisa mengatur sesuka hati metode penulisan yang diinginkan. Tersedia 4 pilihan metode penulisan pesan. Berkirim pesan yang bisa dilakukan melalui ponsel ini adalah SMS, MMS serta Email.
Pengujian : Mengirim pesan ke 5 daftar kontak sekaligus.
Nilai : 3
Catatan : Pesan bisa dibackup ke memori eksternal.

Kinerja
LG KP500 dengan konsep layar sentuh memiliki performa yang dapat diandalkan sebagai alat komunikasi. Tingkat kesensitifan layar yang cukup baik memudahkan penggunaannya. Adanya stylus yang menyatu pada bodi ponsel, untuk membantu pengetikan pesan menjadi nilai lebih. Semua fitur dapat berjalan dengan baik saat diuji coba.

Hasil Tes Audio :
Musik: 100,2 dB
Ring Tone : 98,1 dB
Human Voice : 89,4 Db

Kinerja Baterai :
Bekal baterai 900 mAh diklaim dapat bertahan hingga 8 jam waktu bicara, dan dalam keadaan siaga dapat bertahan hingga 700 jam. Dalam uji coba yang dilakukan, jika fitur game dan musik sering digunakan, baterai dapat bertahan hingga 2 hari dari pengisian full. Jika fitur jarang digunakan, dan hanya dipakai untuk menelpon dan SMS, ponsel dapat bertahan hingga 3 hari dan masih menyisakan 1 bar dari 3 bar yang ada.(selular.co.id)
blog comments powered by Disqus

Popular Post

 
Enriko Damas is proudly powered by Blogger.com