Minggu, 04 Januari 2009

Andalkan Kamera 5 MPix

Ada beberapa tombol shortcut untuk memaksimalkan fungsi kameranya. Inilah identitas sebagai ponsel kamera yang kentara di seri ini.

Setelah meluncurkan beberapa ponsel kamera dengan kualitas 5 megapiksel, kini LG kembali menawarkan satu serial anyarnya dengan bekal kamera berkualitas sama. Bedanya seri ini menyasar kelas menengah dengan menanggalkan jaringan 3G atau pun HSDPA. Tanpa frekuensi generasi ketiga tersebut, seri beridentitas KC550 tidak juga ketinggalan jaman.

Dipasarkan dengan harga dua jutaan, seri ini bisa jadi alternatif pilihan ponsel-ponsel berkamera. Fitur-fitur kameranya terbilang komplet termasuk fitur macro untuk mengabadikan objek lebih detil. Selain itu KC550 juga memilki fitur-fitur unik salah satunya yakni bluetooth message, Pengiriman SMS lewat buetooth ini bisa dilakukan dengan ponsel sejenis, tentu saja tanpa memakan pulsa alias gratis.

Berikut hasil pengujian Tim SELULAR terhadap LG KC550 dengan beberapa catatan :

DESAIN
Konsep sliding diadopsi oleh seri ini. Di bagian samping bodi bagian atas dikelilingi oleh list terbuat dari stainless sehingga ponsel nampak lebih Indah. Seri ini memang memiliki bodi yang cukup tebal. Ketebalannya mencapai 14,9 mm dengan ukuran bodi 96,9 x 51,4 mm. Bobotnya pun terbilang tidaklah ringan yakni seberat 110 gram.
Pengujian: Menggenggam dan menyimpannya ke dalam saku.
Nilai: 3,2
Catatan: Bodi bagian belakang rawan goresan benda tumpul. Untuk merawatnya perlu digunakan leather case pelindung.

KEYPAD
Saat body dalam keadaan tertutup, ada beberapa keypad dan tombol utama yang bisa dioperaskan. Di bagian muka nampak beberapa fungsi tombol misalkan call dan end call. Di bagian tengahnya ada tombol pengatur empat arah yang juga memiliki fungsi lain yaitu fitur kamera. Di samping juga ada tombol untuk fungsi kamera pula. Beberapa tombol tersebutlah yang mencerminkan bahwa ponsel ini adalah memang ponsel kamera. Pengujian: Mengoperasikan beberapa tombol
Nilai: 3,2
Catatan: Tombol utama di bagian dalam berukuran besar dan mempermudah pengguna untuk mengoperasikannya.

LAYAR
Berukuran 2,4 inci dengan resolusi 240 x 320 pixel tergolong sedang untuk ukuran sebuah ponsel sliding. Teknologi layar yang digunakan adalah TFT (Thin Film Transistor) dengan kedalaman warna mencapai 262 ribu warna. Tampilan gambar yang muncul di layar nampak sangat jernih dan tajam. Pada menu pengaturan layar ada beberapa yang bisa kita eksplorasi. Salah satunya ukuran font dan jenis font yang digunakan.
Pengujian: Mengatur tampilan layar dan menggunakan font berukuran besar.
Nilai: 3,1
Catatan: Layar memiliki kemampuan anti gores. Berbenturan dengan benda tumpul seperti kunci atau lainnya tidak menciptakan bekas goresan di layar.

PORT
Hanya ada satu port di KC550 ini. Fungsi satu port yang memiliki penutup port sliding pula adalah untuk slot headset dan charger. Saat ponsel di charge maka kita tidak bisa menggunakan headset kabel. Namun kita bisa memaksimalkan fungsi headset dengan menggunakan headset berkemampuan A2DP.
Pengujian: Melakukan charging selama setengah jam.
Nilai: 3,1
Catatan: Penutup port berkonsep sliding.

AUDIO
Ada satu speaker di bagian belakang ponsel ini. Suaranya cukup jernih dan tajam. Mendengarkan musik tanpa headset pun dan hanya mengandalkan sound atau speakernya tidak masalah. Asalkan speaker menghadap ke atas, sehingga suaranya keluar tanpa ada halangan benda lain.
Pengujian: Mengaktifkan fitur musik dan radio
Nilai: 3
Catatan: Ada equalizer dan beberapa fitur pengatur suara lainnya.

KAMERA
Cukup membawa ponsel ini, maka kita sama saja sudah menenteng layaknya kamera digital. Mengabadikan objek foto di dalam atau luar ruangan hasilnya sangat jernih. Format auto focus akan memudahkan kita merekam objek dengan cepat. Kalaupun ingin diatur dengan sistem manual, kita juga bisa melakukannya. Tambahan lampu penerang akan membantu kita saat mengabadikan objek dalam kondisi kurang cahaya.
Pengujian: Memotret objek dalam dan luar ruang
Nilai: 3,1
Catatan: Ada penutup lensa sehingga lensa kamera terlindung dari goresan benda tumpul.

MESSAGING
Fitur pengiriman pesan tergolong standar. Ada SMS, EMS, MMS, dan juga email. Satu fitur tambahan yang jadi keunggulan tersendiri adalah bluetooth message. Kita bisa mengirim pesan teks lewat jalur bluetooth. Syaratnya ponsel penerima juga memiliki fitur yang sama. Untuk mengirim pesan MMS, jangan lupa kita mesti melakukan setting MMS sesuai operator yang kita gunakan.
Pengujian: Mengirim pesan SMS dan membuka email
Nilai: 3,1
Catatan: Pada ponsel yang diuji coba belum ada setting OTA MMS dan GPRS

KONEKTIVITAS
Ada dua jalur koneksi untuk memindahkan data antar perangkat. Koneksi nirkabel bisa dimaksimalkan lewat bluetooth yang berjarak radius maksimal 100 meter. Sementara untuk koneksi via kabel, pabrikannya sudah menyediakan slot USB. Untuk yang satu ini kita mesti melakukan instal driver terlebih dahulu ke PC atau notebook.
Pengujian: Memindahkan data hasil bidikan kamera ke notebook menggunakan bluetooth.
Nilai: 3
Catatan: Fitur bluetooth juga telah dilengkapi dengan fasilitas A2DP untuk koneksi ke bluetooth headset stereo.

MEMORI
Kapasitas memori internalnya memang tergolong kecil. Hanya dibekali 14 MB sangatlah minim untuk sebuah ponsel berkamera. Namun LG mobile telah menyediakan slot memori tambahan berjenis micro SD dengan kemampuan tampung hingga 4 Gb. Untuk menghindari kinerja ponsel yang lemot, ada baiknya semua aplikasi tambahan dan data-data disimpan ke dalam memori eksternal. Sehingga memori internal terus longgar dan kinerja ponsel tidak ngos-ngosan alias lemot.
Pengujian: Menyimpan beberapa file lagu dan gambar hasil jepretan kameranya.
Nilai: 3,2
Catatan: Untuk melepas memori, ada baiknya ponsel dinonaktifkan terlebih dahulu.

SKOR AKHIR: 3

KINERJA
Secara umum kinerja ponsel ini baik khususnya fungsi kameranya. Fungsinya sebagai ponsel kamera sangatlah maksimal. Kita bisa langsung melakukan editing foto hasil bidikan kameranya.

Kinerja Baterai
Ditenagai daya sebesar 900 mAh dengan jenis baterai lithium ion, seri ini diharapkan bisa menunjang kinerja ponsel. Kekuatan dan daya tahannya mencapai 6 jam nonstop dan waktu jaga mencapai 450 jam.

selular.co.id
blog comments powered by Disqus

Popular Post

 
Enriko Damas is proudly powered by Blogger.com