Minggu, 04 Januari 2009

Nuansa Musik Dengan Sensor Gerak

Pemutar musik dengan paduan akselerator menjadikan ponsel ini tampil beda dari ponsel-ponsel Samsung sebelumnya.

Meski tanpa bekal akses 3G, sebuah ponsel tetap berarti. Contohnya seperti Samsung Mobile yang baru-baru ini mengenalkan SGH-M3510 ke pasar lokal. Memang M3510 bukan ponsel 3G, tapi ponsel ini dibekali fitur dan fasilitas yang lumayan apik dikelasnya, seperti kamera megapixels, ketajaman layar 16 juta warna, pemutar musik dan radio FM.

Dari sisi desain, M3510 cukup unik, pasalnya baru kali ini Samsung Mobile memberi sentuhan warna kuning pada balutan cover di ponsel yang diluncurkan. Muncul kesan nuansa sport yang kental di ponsel ini, seperti terlihat dari pemilihan material casing plastifk full dof yang membuat ponsel nyaman digenggam dan tidak licin. Tapi yang menonjol dari M3510 adalah fitur musik, ini ditandai fitur dan istrumen pemutar musik yang lengkap. Ditambah fasilitas female jack 3,5 mm dan bluetooth headset stereo melengkapi kehadiran ponsel musik ini.

DESAIN
Meski bernuansa sport, nuansa ponsel musik terasa kental pada desain yang ditampilkan. Seperti tombol navigasi musik di bawah layar dan tombol shorcut musik di sisi badan ponsel. Keypad juga dibuat ergonomis dengan bentangan datar berdiameter 10 mm setiap tuts. Desain tipis (9,9 mm) juga menjadi poin unggulan.
Pengujian : mencoba mengetik long SMS dan menjajal female jack 3,5 mm.
Nilai : 3,5.
Catatan : letak tombol spasi berada di disisi kanan (tombol #) butuh penyesuaian untuk penggunaan.

MUSIK
Pemutar musik hadir dengan menu yang lumayan lengkap, seperti repeat, shuffle, motion control dan efek suara. Tentang efek suara ada tambahan list yakni auto EQ, wide, dynamic dan surround. Selain bersifat multitasking, M3510 juga dibekali music recognition.
Pengujian : Mendengarkan musik via headset bluetooth stereo dan music recognition.
Nilai : 3.
Catatan : M3510 menyatukan antara lubang speaker dan buzzer, meski tak mengadopsi dual speaker pancaran suara terbilang jernih. Music recognition akan lebih optimal bila didukung akses internet 3G.

KAMERA
M3510 disiapkan dengan kamera 2 Mpix (1600x1200 pixels), fasilitas pendukung meliputi night time landscape, timer, pilihan efek, frames, white balance, viewfinder mode, image editor dan multi shot. Sedang untuk rekam video, resolusi yang tersedia maksimum 176x144 pixels.
Pengujian : merekam video dengan format MP4 dan memfoto dengan resolusi 2 mpix.
Nilai : 2,9.
Catatan : 2 Mpix bukan resolusi terbaik, tapi cukup pas untuk ponsel musik kelas pemula ini. Tidak ada bekal flash light dan resolusi video terbilang minim.

INTERNET
Akses internet M3510 bertumpu pada GPRS/EDGE kelas 10 dan WAP 2.0. Jenis browser seperti umumnya ponsel Samsung yakni NetFront Browser v3.4. Kemampuan browser diantaranya run java script, on/off display image dan on/off play sound.
Pengujian : melakukan browsing ke situs www.selular.co.id, tampilan web bisa terbuka secara terbatas. Untuk kemudahan navigasi pada browser dilengkapi on/off virtual pointer.
Nilai : 3,2.
Catatan : Virtual pointer baru pertama kali dikenalkan oleh NetFront browser.

SENSOR GERAK
Sensor gerak pertama kali dikenalkan Samsung pada seri SGH-E760. Di M3510 fungsi sensor gerak bisa disamakan dengan shake control, yakni menjalankan navigasi musik lewat motion control. Di sensor gerak ini ada fitur etiquette, dimana ringtone yang masuk akan berubah diam cukup dengan membalik posisi ponsel.
Pengujian : memutar musik dengan aplikasi shake and play. Teknologi yang digunakan adalah akselerometer.
Nilai : 3,5.
Catatan : Sensor gerak juga digunakan untuk permainan dadu dan lotere.

RADIO FM
M3510 menjadi ponsel kedua Samsung yang dibekali fasilitas rekam siaran radio. Untuk memutar radio masih diperlukan sambungan headset. Radio bisa menyimpan hingga 26 channel list frekuensi. Radio bisa dijalankan secara multitasking dan didengar dari speaker phone. Fitur radio juga dibekali music recognition via internet.
Pengujian : memutar radio dan menjalankan rekam radio. File rekam radio disimpan dalam format MP3 sehingga bisa dijadikan nada dering.
Nilai : 3.
Catatan : -

LAYAR
Layar M3510 menggunakan kedalaman 16 juta warna, teknologi yang diadopsi pun dari TFT (thin film transistor) menjadikan pencitraan gambar begitu jernih. Resolusi layar yakni 240x320 pixels dengan bentangan 2 inchi. Untuk mempercantik tampilan layar, tersedia 3 pilihan theme dan menu transition effect (slide/door/off).
Pengujian : Selancar visual ke beberapa menu, untuk menghemat energi bisa digunakan pengaturan backlight time dan keypad light.
Nilai : 3.
Catatan : konsep layar menggunakan user interface generasi baru, serupa dengan yang diadopsi pada seri Soul.

Kinerja
Kinerja ponsel ini secara umum cukup baik, banyak fitur baru yang bisa bekerja optimal. Untuk memori, M3510 terbilang memadai. Memori internal dinamis 60 MB, plus masih ada slot untuk kartu memori T-Flash. Tapi untuk memasukan dan melepas kartu memori harus melepas back cover (non hotswap). Tapi prosesnya mudah, tanpa perlu melepas baterai seperti ponsel generasi terdahulu. M3510 dalam ujicoba juga bisa membaca file dokumen office Word, walau tak ada bekal document viewer.

Hasil Pengukuran Audio :
Musik 92 dB
Ringtone91.8 dB
Human Voice90.7 dB

SKOR AKHIR : 3

Kinerja Baterai
Data Vendor
Ponsel ini menggunakan jenis baterai standar Lithium ion 800 mAh. Waktu siaga yang bisa dicapai adalah 250 jam dan waktu bicara 5 jam.

Hasil Pengujian
Dalam uji coba dan baterai pada poisis full. Ponsel bisa aktif dengan fasilitas radio FM menyala selama 6 jam sampai baterai memunculkan indikator low batt.

selular.co.id
blog comments powered by Disqus

Popular Post

 
Enriko Damas is proudly powered by Blogger.com