Senin, 23 Februari 2009

Bidik Pasar Kelas Bawah

Namanya juga ponsel untuk segmen entry level, jadi memang tak punya fitur-fitur canggih. Tapi fiturnya game-nya lumayan komplit.

Dari tampilannya saja sudah ketahuan kalau ponsel ini dirancang untuk segmen entry level. Nomor serinya yang dimulai dengan angka 1, makin meneguhkan segmentasi ponsel ini. Nokia biasa menggunakan nomor seri dengan kepala 1 untuk ponsel-ponsel entry level mereka.

Jadi, tak usah berharap menemukan rancangan desain yang cantik. Desainnya biasa-biasa saja, sebuah ponsel bar (batang) dengan casing terbuat dari bahan plastik yang didominasi warna hitam. Di sisi kiri atas berkumpul port charger, konektor audio berukuran 2.5mm, dan easy flash II. Yang terakhir adalah konektor untuk flashing software. Di bagian kepala ponsel ini terletak mata lampu senter sebagai fitur tambahan.

Menurut keterangan pabrikan, ponsel ini memakai sistem operasi Symbian S30. Karenanya, ponsel ini tak punya fitur-fitur canggih terkini, karena memang dirancang sebatas peranti bertelepon dan SMS saja. Namun demikian, masih ada 3 game untuk fasilitas hiburan. Ada pula kalender dan stop watch. Layarnya yang hitam putih dengan ukuran terbatas, masih bisa menampilkan jam digital atau analog. Dengan harga di kisaran Rp 300 ribu, inilah ponsel andalan Nokia untuk bertarung di pasar entry level.

LAYAR
Ukurannya terbatas, hanya mampu menampung tiga baris teks, dengan 13 karakter tiap barisnya. Namun begitu, masih bisa menulis teks sebanyak 160 karakter. Meski untuk melihatnya, harus melakukan scrolling layar.
Pengujian: mengetik SMS lebih dari tiga baris
Nilai: 2.78
Catatan: Teks maupun angka yang tampil cukup jelas.

MESSAGING
Fitur SMS di ponsel ini memiliki beberapa pilihan. Ada pesan gambar dengan 30 templates, seperti kue ulang tahun, bunga mawar, cupid, tertawa, panda, pohon natal dan lain-lain. Format gambarnya sudah tentu hitam putih. Ukuran fonts dapat diatur lebih besar, namun hanya memuat dua baris ke bawah dan sebelas karakter mendatar.
Pengujian: Mengetik pesan dengan pengaturan fonts besar.
Nilai: 3.3
Catatan: Dapat mengirim SMS ke banyak nomor, membuat smiley (berbasis karakter), dan ada template teks.

GAMES
Tiga buah permainan yang tersedia, yaitu sudoku, chess puzzle (catur), dan Snake Xenzia. Permainan ular terdiri dari beberapa pilihan jenis permainan, yaitu klasik, modern, dan kampanye. Bila kita mencetak skor tertinggi berhak mendapat predikat “Jagoan Ular”. Sedangkan bila masuk dalam lima besar mendapat predikat “skor tinggi” setelah game over.
Pengujian: mencoba permainan ular dengan ketiga jenis permainan.
Nilai: 3
Catatan: Untuk jenis permainan ular modern terdapat pilihan lika-liku seperti kotak, saluran, giling, rel, dan apartemen yang memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi dibandingkan jenis klasik.

KONTAK
Memori ponsel mampu menampung kontak (phonebook) hingga 200 nomor telepon. Meski sederhana penyimpanan nomor kontak memiliki fitur penyaringan nomor (filter), ikon untuk nomor kontak seperti gambar keluarga, wanita, anak gadis, anak laki-laki, bayi, pria berkumis, gambar hati, kucing, dan lain-lain. Bila sebuah nomor dimasukkan dalam penyaringan, maka saat nomor tersebut melakukan panggilan ponsel ini tidak berdering.
Pengujian: Memasukkan nomor kontak ke dalam daftar penyaringan
Nilai: 3
Catatan: Terdapat beberapa kategori nomor kontak, seperti umum, rumah, dan kantor.

KEYPAD
Selain standar keypad numeric, ponsel ini memiliki tombol navigasi empat arah. Susunan tutsnya terlihat rapi karena didesain dengan alur yang datar. Semua tombol seakan menyatu dalam sebuah bidang datar. Bahan tombol terbuat dari karet, sehingga terasa nyaman saat dipencet-pencet.
Pengujian: mengetik SMS beberapa baris ke bawah, lalu menggunakan tombol navigasi empat arah.
Nilai: 3,22
Catatan: Disediakan tuts tekan cepat (shorcut) ke beberapa menu yang paling sering digunakan.

FITUR TELEPON
Sederhana penampilan dan gaya tak harus memiskinkan fitur dasar. Fitur panggilan telepon yang ada cukup banyak, seperti speakerphone (hands-free), automatic redial, call waiting/hold/divert, call timer, catatan durasi percakapan, dan penyaringan nomor. Bahkan bisa digunakan untuk conference call dengan lima orang sekaligus.
Pengujian: bertelepon dengan speakerphone, melakukan dengan panggilan cepat.
Nilai: 3
Catatan: Saat bertelepon dengan speakerphone suara jelas dan tampil durasinya.

LAMPU SENTER
Fitur lampu senter memang sudah pernah pula disematkan pada ponsel Nokia low-end sebelumnya. Akan sangat bermanfaat bagi pengguna yang di wilayahnya sering terjadi pemadaman listrik. Sinar yang berasal dari ponsel ini cukup terang. Untuk menggunakan fitur ini secara cepat, secara kebetulan sudah disetting default pada tombol shorcut. Sehingga sangat memudahkan saat keadaan emergensi.
Pengujian: Mengaktifkan senter pada kamar gelap.
Nilai: 3
Catatan: Sebaiknya digunakan seperlunya karena akan menguras baterai.

Kinerja
Ponsel ini tidak terlalu banyak pernak-pernik, sehingga tidak banyak kendala saat menggunakannya. Perpindahan dari satu fitur ke fitur lain cukup responsif. Saat bermain game Snake Xenzia, sangat responsif mengendalikan ular bergerak ke kanan, kiri, atas, dan bawah dengan tombol navigasi empat arah.

Kinerja Baterai
Inilah keuntungan ponsel sederhana. Tak banyak fitur, berlayar hitam putih pula, sehingga baterai menjadi hemat. Dalam pengujian selama tiga hari digunakan bertelepon, SMS, dan sering bermain game ular, indikator tetap penuh tak berkurang satupun.
Sedangkan menurut vendornya ponsel ini mampu siaga selama 636 jam atau 26 hari.

Hasil Uji Audio
Musik: - dB
Ringtone: 91.8 dB
Human Voice: 83.2 dB

SKOR AKHIR : 2,9

selular.co.id
blog comments powered by Disqus

Popular Post

 
Enriko Damas is proudly powered by Blogger.com