Rabu, 13 Februari 2008

Worm Symbian Beselo sedang berkeliaran.

Kelompok peneliti sistem keamanan digital FortiGuard menemukan Worm baru pada sistem operasi Symbian menyebar pada berbagai network handphone. Worm ini, yang bernama SymbOS/Beselo.A!worm mampu berjalan pada berbagai handphone yang menggunakan Symbian S60. Beberapa hadnphone yang menggunakan sistem Symbian S60 adalah Nokia 6600, 6630, 6680, 7610, N70 dan N72.

Setelah menginstalkan dirinya ke dalam OS, worm ini melakukan proses rutin yang dimulai dari mengumpulkan semua kontak pemakai handphone lalu mengirimkan MMS berisi virus dalam bentuk versi SIS (Symbian Installation Source). Untuk menyembunyikan dirinya, file ini tidak memakai format .sis namun menyamar sebagai file multimedia seperti Beauty.jpg, Sex.mp3, atau Love.rm. Walaupun menyamar, OS Symbian tidak membaca file berdasarkan format namun berdasarkan isi, karena itu dialog instalasi akan tetap keluar dan bisa menjadi ciri-ciri file virus. Sedangkan untuk mengetahui apakah handphone Anda sudah terinfeksi atau tidak juga cukup mudah, Anda dapat mengcek apakah ada sent messages misterius di outbox anda.

Yang anehnya, selain mengirim virus ke kontak-kontak korban, worm Beselo ini juga mengirim virus ke nomor-nomor lain. Semua nomor-nomor ini berlokasi di RRC can berasal dari satu operator, bahkan sebagian nomor ini telah diverifikasi sebagai nomor aktif. Mengapa Beselo memiliki behaviour ini masih diteliti lebih lanjut walau dugaan utama pembuat worm ini membenci operator tersebut.

sumber : http://www.ketok.com
blog comments powered by Disqus

Popular Post

 
Enriko Damas is proudly powered by Blogger.com